PEMKAB
Trending

Harga Ikan Turun Dampak Covid-19

TANJUNG REDEB – Pandemi Corona Virus Disease (covid-19) yang terjadi saat ini berdampak luas kepada berbagai sektor. Termasuk perikanan yang membuat harga ikan jauh menurun selama wabah ini. Hal ini pun membuat para nelayan enggan untuk melaut.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu menyampaikan bahwa sejak mewabahnya covid-19 ini, terjadi penurunan harga ikan yang cukup drastis. Kondisi ini pun membuat sebagian besar nelayan memilih untuk tidak melaut. “Rugi, karena operasional tidak tertutupi. Yang melaut hanya untuk memenuhi kebutuhan makan saja,” jelasnya.

Selain penurunan harga yang sangat drastis ini, wabah covid-19 juga membuat pengiriman ikan terhentik. Dimana sebelumnya, para nelayan mengirimkan ikan ke Malaysia dalam jumlah besar. Tentu hal ini memberikan kerugian cukup besar kepada para nelayan. “Karena

pelabuhan di Malaysia juga ditutup. Sehingga tidak ada pengiriman lagi. Biasanya yang dikirim ke sana itu jenis udang,” sambungnya.

Kemudian untuk pengiriman ikan yang melalui pesawat sudah tidak bisa lagi. Sementara melalui darat juga dinilai tidak memungkinkan lagi. “Ini merupakan kerugian besar yang dialami para nelayan kita. Sehingga kita juga memasukan para nelayan kita sebagi penerima bantuan sosial tunai yang saat ini dijalankan. Untuk membantu mereka memperbaiki kondisi perekonomian lah,” jelasnya.

Tentram pun mengarakan agar para nelayan bisa memanfaatkan penjualan secara media online untuk pemasaran hasil tangkap ini. “Kalau dari Dinas Perikanan ada tetap program bantuan, seperti alat tangkap ikan. Dan rencananya bulan depan akan diberikan asuransi kepada 802 nelayan,” pungkasnya.(*) 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close