BERAU
Trending

Gempa Melanda Berau Dengan Kekuatan 4.0 Magnitudo

BERAUTERKINI,TANJUNG REDEB. Meskipun tidak kuat, getaran gempa bumi tektonik sempat dirasakan masyarakat Berau di beberapa wilayah, Kamis (16/7/2020). Gempa yang terjadi pukul 10.42 Wita tersebut dengan kekuatan 4.0 Magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer pada koordinat 1.85 LU dan 117.39 BT.

Konfirmasi Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika menyebutkan gempa terjadi di 36 kilometer Barat Daya, Kecamatan Tanjung Redeb.

Tidak banyak warga yang sadar saat terjadi gempa dan hanya dirasakan oleh warga di beberapa titik seperti kampung Labanan Kecamatan Teluk Bayur. Menurut kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Hal ini juga dilihat berdasarkan data terjadinya gempa.

Disebutkan dengan lokasi dan kedalaman hiposenter gempa Kamis kemarin masuk dalam kategori gempa bumi dangkal. Diprediksikan terjadi akibat aktivitas sesar lokal yang ada, seperti sesar Mangkaliat.

“Lokasinya jauh dari pantai, juga melihat kedalamannya tidak berpotensi tsunami,”ungkapnya.

Dengan minimnya orang yang menyadari adanya gempa sebagai indikator kekuatan gempa yang tidak besar dari pemukiman penduduk. Hal ini diharapkan tidak menimbulkan kepanikan masyarakat akan terjadinya tsunami terutama yang berada di wilayah pesisir.

“Pihaknya memastikan tetap memperhatikan setiap gempa yang terjadi untuk dianalisa dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat,”pungkasnya. (tim)

SUMBER : BERAUVISION.COM

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close