BERAU

Ragam Resmi Mendaftar ke KPU Bersama 7 Partai Pengusung dan Pendukung


VIDEO WISATA BERAU

TANJUNG REDEB – Bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Berau Muharram-Gamalis (Ragam), datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Minggu (6/9/2020) sore.

Muharram dan Gamalis naik mobil menuju kantor KPU Berau dari posko kemenangan Jalan Durian III usai shalat Ashar berjamaah.

Sembari diiringi oleh simpatisan baik dari partai politik (parpol) dan masyarakat. Dari amatan awak media, tampak puluhan kendaraan roda empat dan dua dengan membawa bendara parpolnya, mengiringi kendaraan kedua paslon ini menuju kantor KPU Berau.

Sebelumnya, mereka menyampaikan sedikit pernyataan ke hadapan sejumlah pihak yang berada di kediaman tim pemenangan untuk menyatukan visi dan misi dalam memenangkan pesta politik 9 Desember 2020.

Mereka meminta doa restu dari seluruh pihak, atas keikutsertaan mereka maju dalam kontestasi Pilkada Berau.

Setibanya di Taman Sanggam, pasangan Ragam lantas berjalan kaki menuju KPU Berau dengan diiringi oleh rombongannya dan tampak disana tarian tradisional Reog Ponorogo mengikuti jalannya.

Saat di ruang lantai 1, pasangan Ragam beserta partai politik (parpol) dan Liaison Officer (LO) lantas di tes suhu tubuh. Hal ini mengingat protokol kesehatan (protkes) yang harus diterapkan sehingga jumlah yang masuk dibatasi.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto beserta Komisionernya lantas menyambut kedatangannya.

Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Berau ini memakan waktu yang lumayan panjang.

Pasalnya, hingga adzan Maghrib berkumandang proses verifikasi data belum usai. Alhasil, dipending dan dilanjutkan kembali pukul 19.00 Wita.

Meski demikian, pendaftaran paslon akhirnya usai dan KPU Berau menyebut berkas administrasi telah diterima.

“Alhamdulillah pendaftaran di hari terakhir telah usai. Untuk hari ini pasangan Ragam yang mendaftar. Dan kita sudah buatkan berita acara dan berkas telah diterima,” ucap Ketua KPU Berau, Budi Harianto (6/9) malam.

Ia menerangkan, untuk pasangan yang baru saja mendaftar, ada satu syarat pencalonan yakni B1KWK yang tidak terpenuhi. Yakni tidak adanya satu tanda tangan dari salah satu parpol.

“Karena itu wajib. Setiap partai pengusung wajib bertanda tangan, sehingga kami kembalikan ke paslon karena mekanismenya itu bisa dihapus atau pun diperbaiki. Akhirnya, mereka bersepakat untuk menghapus sendiri di hadapan Bawaslu. Kemudian kami lanjutkan proses penelitian dan akhirnya diterima,” terangnya.

Ia menerangkan, dengan kondisi tersebut tidak menggugurkan syarat pencalonan pasangan Ragam. Pasalnya, mereka masih memiliki 12 kursi untuk mendaftar. Sedang sesuai peraturan KPU minimal didukung oleh 6 kursi.

“Tentu tidak berpengaruh. Karena mereka memiliki 4 kursi PKS, 4 kursi lagi dari PPP, Demokrat 3 kursi dan 1 kursi lainnya dari PAN. Jadi totalnya 12 kursi,” jelasnya.

Seperti bakal calon sebelumnya, pasangan Ragam akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumas Sakit Kanudjoso Jatiwibowo (RSKJ) Balikpapan.

“Sembari itu, kita juga akan terus melakukan penelitian administrasi syarat calon. Setelah itu baru kita lakukan pengumuman dari bakal calon menjadi calon di tanggal 23 September 2020. Tapi sebelum itu, nanti akan ada tahap tanggapan masyarakat, dimana masyarakat bisa memberikan masukan terkait dengan paslon,” ujarnya.

Sementara itu, bakal calon Bupati Berau, H. Muharram mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam mempersiapkan administrasi pendaftaran hingga akhirnya berkas yang diserahkan telah diterima oleh KPU Berau.

“Hal ini tentu tidak terlepas dari dukungan LO dan tim sukses (timses),” ucapnya.

Namun demikian, ia menerangkan ada kendala yang dihadapi pihaknya saat mendaftar. Yakni, salah satu parpol pengusung tidak dapat hadir saat kegiatan berlangsung.

“Kendalanya yaitu Ketua DPC Gerindra berhalangan hadir. Hal ini karena ia sedang berada di Jambi dan tidak bisa menandatangani berkas secara langsung. Kalau kita menunggu, itu tidak mungkin. Sebab pendaftaran hari ini (Minggu, red) terkahir,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, partai besutan Prabowo Subianto tersebut berstatuskan sebagai partai pendukung. Dan bukan sebagai partai pengusung lagi.

“Tapi hal ini tidak menurunkan intensitas dukungannya. Sebelumnya kita didukung 14 kursi, namun Gerindra menjadi partai pendukung, sehingga untuk saat ini kita memiliki 12 kursi,” pungksnya.

Lebih lanjut, sesuai dengan surat rekomendasi dari KPU, kini petahana bersama wakilnya bakal melakukan pemeriksaan kesehatan yang rencana akan dilakukan pada 9-10 September 2020.

“Doakan saja semoga lancar,” tutupnya.

Kemudian, bakal calon Wakil Bupati Berau, H. Gamalis juga memberi tanggapan, dimana dirinya berharap agar pelaksanaan Pilkada mendatang berjalan dengan baik dan aman.

“Insha Allah kami siap menjadikan Bumi Batiwakkal menjadi lebih baik lagi dan maju,” tutupnya.

Penulis : Sgp/Berauvision.com

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close