Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

3.226 Kartu Tani Didistribusikan

TANJUNG REDEB,- Pembelian pupuk subsidi akan menggunakan kartu tani pada 2021. Di Berau, kartu itu sudah didistribusikan tahun ini. Sebanyak 3.226.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pupuk, Pestisida, dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Pertenakan Berau, Bambang Sujatmiko, distribusi dilakukan sejak Oktober 2020.

Pendistribusian, katanya,  melibatkan pihak BRI dan pegawai teknis. “Sudah 873 dari 3.226 yang sudah didistibusikan,” ujarnya Selasa (17/11).

Dikatakan Bambang, 3.226 kartu tani baru tahap awal. Masih ada tahap selanjutnya. Hanya saja belum diketahui berapa jumlahnya.

Jumlah petani di Kabupaten Berau yang terdata sebanyak 6.800. Sehingga kartu tani yang telah terbit belum menjangkau sebagian besar petani. “Penerbitan bertahap. Untuk Kaltim terbit 58.867. Kita (Berau),” ungkapnya.

Pendistribusian kartu tani ditargetkan selesai akhir tahun. Sementara masih didistribusikan di 5 kecamatan. Yaitu Kecamatan Gunung Tabur, Segah, Kelay, Sambaliung, dan Kepulauan Derawan.

Bambang menambahkan, untuk petani yang belum mendapatkan kartu tani tetap bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Dengan menunjukkan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). “Jadi yang belum dapat kartu tani jangan khawatir. Tetap bisa memperoleh pupuk bersubsidi,” pungkasnya. (*)