Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

32 Kegiatan Telah Selesai Dilelang di LPSE

TANJUNG REDEB – Proses lelang barang dan jasa di Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Berau hingga saat ini masih terus berjalan. Sejumlah kegiatan pun telah selesai dilelang. Sebanyak 32 kegiatan telah selesai dan mulai dikerjakan.

Kepala Bagian ULP Berau, Fendra Firmawan menyampaikan kegiatan masih berjalan seperti biasa dan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Seperti pembuktikan kualifikasi dilakukan secara online, begitu pula dengan klarifikasi. “Sampai saat ini dari kita tidak ada kendala, karena semuanya berjalan dengan sistem. Kita hanya menerima dari OPD saja. Kalau sudah masuk akan diproses langsung dari sistem dan sejauh ini berjalan lancar,” ujarnya.

Saat ini dikatakan bahwa ada 90 kegiatan yang sedang proses lelang. Sementara untuk kegiatan yang telah selesai sebanyak 32. Sementara total kegiatan yang diajukan untuk lelang di LPSE sebanyak 261. “Cukup banyak yang sudah selesai, ada yang dari Disdik, Dinas PUPR,” katanya.

Sementara untuk reposisi anggaran sesuai arahan Menteri Dalam Negeri. Fendra mengatakan, hingga saat ini belum ada kebijakan untuk menghentikan lelang. Sehingga seluruh proses lelang pun masih berjalan seperti biasa. “Cuma ada dua kegiatan saja yang kita stop yaitu kegiatan DAK fisik. Karena sudah ada surat dari Menteri Keuangan ke Bupati, dan Bupati ke ULP untuk dilakukan penundaan. Sementara untuk OPD lainnya masih belum ada ini. Kita siap untuk menunda atau menghentikan jika ada arahan dari OPD bersangkutan. Karena dalam sistem sudah ada seperti itu,” jelasnya.

Disampaikan bahwa proses lelang masih bisa dilakukan secara optimal walaupun telah diberlakukan work from home. “Kami pun tidak tahu apakah akan ada kebijakan untuk menghentikan proses lelang atau tidak di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini. Jika ada, maka kami siap menindaklanjutinya,” tegasnya.(*)