Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Akhirnya Warga Tasuk Nikmati Air PDAM

TANJUNG REDEB – Masyarakat di Kampung Tasuk tidak bakal kesulitan lagi dalam mencari air minum. Usai dibangun Pemerintah Kabupaten Berau, IPA Kampung Tasuk akhirnya resmi dioperasikan. Dengan kapasitas 10 liter per detik, IPA ini akan melayani sekitar 400 sambungan rumah baru di sana.

Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saiful Rahman menyampaikan bahwa operasional IPA ini sudah mulai berjalan sejak Sabtu (25/4) lalu. Dan masyarakat sudah bisa menikmati air minum mulai saat ini. “Kita juga telah melakukan sosialisasi terkait operasional IPA ini ke masyarakat dengan mengundang empat perwakilan dari Ketua RT,” ujarnya.

Dijelaskan Saiful bahwa pelayanan dari IPA ini masih dikhususkan untuk masyarakat di Kampung Tasuk. Namun untuk jangka panjang, IPA ini ditargetkan bisa menambah cakupan pelayanan di Gunung Tabur. “Jadi bisa memback-up di sana. Kita lihat dulu sebulan ini selama masa uji coba. Kalau memang potensial, bisa ditargetkan untuk meluaskan pelayanan di Gunung Tabur,” katanya.

Saiful menambahkan, pemasangan instalasi jaringan air ini tetap digratiskan. Namun masyarakat tetap mengeluarkan biaya untuk pengurusan administrasi. “Semuanya ditanggung oleh Dinas PUPR. Tapi untuk biaya tetap ada dalam urusan administrasi. Dan ini sudah disampaikan ke masyarakat di sana, mereka sudah menyetujui,” tuturnya.

Dengan beroperasinya IPA baru ini menambah cakupan pelayanan air minum ke masyarakat. Namun disampaikan Saiful, Perumda Batiwakkal masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah di kampung lainnya.

“Kita selesaikan bertahap untuk seluruh kampung. Karena masih banyak yang perlu kita layanan. Tapi semuanya sudah masuk dalam program kerja kita. Satu per satu kita kerjakan dan targetkan bisa melayani seluruh masyarakat di Bumi Batiwakkal,” pungkasnya.(*)