Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Anggaran BLT Tersisa Rp 10 Miliar

Tanjung Redeb, BerauTerkini – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap tiga segera dilakukan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau menunggu data Dinas Sosial.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Berau, Thamrin Selasa (4/8) menyebutkan, saat ini anggaran yang tersisa sekira Rp 10 miliar. Dia mengaku belum tahu berapa anggaran yang akan dialokasikan kepada masyarakat terdampak Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Kami belum tahu. Karena masih menunggu data. Siapa tahu, jumlah penerima BLT akan menurun. Karena ada beberapa sudah dapat di tahap satu dan tahap dua,” ungkapnya.

BLT tahap satu dan dua, ungkapnya menghabiskan anggaran sekira Rp 50 miliar. Itu termasuk bantuan bagi usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Pada BLT tahap pertama, masyarakat diberikan Rp 750 ribu per kepala keluarga. Dan pada tahap dua, Rp 600 ribu.

Sementara Kepala Dinas Sosial Berau, Totoh Hermanto mengatakan, jumlah penerima BLT tahap tiga diperkirakan akan terjadi peningkatan. Karena banyaknya guru swasta yang terpaksa tidak menerima gaji larena tidak mengajar.

“Sekira 200 kepala keluarga,” sebutnya.

Dari 200 kepala keluarga itu, nantinya akan diverifikasi. Jika ditemukan suami atau istrinya sebagai aparatus sipil negara (ASN), BLT tidak akan diberikan. (*)

Sumber : Nomorsatukaltim.com