Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Antisipasi Kemacetan di Malam Tahun Baru, Ini Arus Lalu Lintas Yang Ditutup

TANJUNG REDEB – Polres Berau akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan dan tempat-tempat yang diduga akan mendatangkan keramaian pada malam pergantian tahun baru 2021.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo mengatakan Polres Berau bekerjasama Dinas Perhubungan Kabupaten Berau dan instansi terkait akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan dan tempat yang dianggap dapat menimbulkan kerawanan.

“Beberapa diantaranya itu sepanjang Tepian Teratai dan Tepian Besar, depan Taman Sanggam, Tepian Sambaliung , Tepian Gunung Tabur, jalan poros Bandara Kalimarau dan alun-alun Kota Tua Teluk Bayur,” ujarnya dalam siaran pers Polres Berau, Rabu (30/12/2020).

Sedangkan untuk hotel, tempat hiburan malam (THM) dan tempat keramaian di Kabupaten Berau diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun yang dapat mengundang keramaian.

“Penutupan tidak hanya dilakukan di empat kecamatan kota saja, tapi secara menyeluruh se-Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Jadwal penutupan akses jalan disesuaikan dengan pemberlakuan jam malam. Yakni mulai berlaku pada Kamis tanggal 31 Desember 2020 pukul 20.30 WITA. Kemudian akan dibuka kembali pada Jumat tanggal 01 Januari 2021 pukul 04.00 WITA.

Diketahui, saat ini kasus COVID-19 di Kabupaten Berau terus meningkat. Ini tentu sangat mengkhawatirkan, terutama pada malam tahun baru bisa jadi babak baru penyebaran virus corona karena akan terjadi kerumunan masyarakat. Mengantisipasi hal tersebut, dilakukan penutupan akses jalan dan pemberlakuan jam malam.

“Lebih baik merayakan tahun baru dirumah, kumpul bersama keluarga,” kata dia.

Selain itu, Satgas COVID-19 Kabupaten Berau juga akan melakukan patroli penyisiran aktivitas masyarakat di jam malam yang tersebut. Masyarakat yang kedapatan berkeliaran atau berkerumun di jam tersebut akan dibubarkan atau ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Jika ada yang masih beraktifitas di jam tersebut, akan kami bubarkan. Pada pemberlakuan jam malam kita imbau untuk tidak melakukan aktifitas apapun di jalan atau luar rumah. Jika melanggar, maka akan kami tindak,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat Berau untuk terus disiplin dalam mentaati protokol kesehatan. Diantaranya dengan menerapkan 3M.

“Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tuturnya.

Penulis : Sofy/berauonline.com