Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Berau Dapat Tambahan Enam Pasien Covid-19, dan Dinyatakan Sembilan Sembuh

TANJUNG REDEB – Dinas Kesehatan Berau kembali merilis terkait perkembangan covid-19. Dalam rilis yang terbit pada, Rabu (5/8/2020) dan disebar luaskan sekitar pukul 15:39 itu menyebutkan adanya tambahan jumlah angka pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 6 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi, dalam press rilis mengatakan, jika kembali bertambahnya jumlah pasien tersebut merupakan hasil dari tracking terhadap pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

“Berdasarkan hasil screening terhadap pelaku perjalanan yang dilakukan di
klinik tirta pada tanggal 3 Agustus 2020 dan tracking terhadap kontak erat pasien
positif Covid-19 di Kabupaten Berau diperoleh tambahan kasus positif,” kata Iswahyudi.

Adapun identitas pasien itu, masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Tn.MSH (27 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan hasil PCR Positif (Berau 86).
  2. Tn.SSR (34 tahun) dengan alamat Kelurahan Karang Ambun Kecamatan Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Kota Soroako dengan hasil PCR Positif (Berau 87).
  3. Tn.YA (34 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan hasil PCR Positif (Berau 88).
  4. Tn.UTY (28 tahun) dengan alamat Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Teluk Bayur merupakan pelaku perjalanan dari Kota Surabaya dengan hasil PCR Positif (Berau 89).
  5. Tn.HS (33 tahun) dengan alamat Kelurahan Karang Ambun Kecamatan Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Kota Samarinda dengan hasil PCR Positif (Berau 90 ).
  6. Ny.WI (35 tahun) dengan alamat Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb merupakan kontak erat pasien positif Covid-19 di Kabupaten Berau dengan hasil PCR Positif (Berau 91).

“Kasus konfirmasi dengan Kode Berau 91 diswab pada tanggal 23 Juli 2020
dan dilakukan pemeriksaan di Labkesda Provinsi Kaltim, kemudian diterima hasil
pemeriksaan pada tanggal 5 Agustus 2020,” sambung Iswahyudi.

Lebih lanjut Iswahyudi menyebut jika, selama menunggu hasil swab pasien tersebut menjalani isolasi mandiri sehingga saat ini telah melalui masa isolasi dan dapat dilakukan swab kontrol sebagai evaluasi kondisi pasien.

Selain kasus positif diatas terdapat hasil swab kontol negatif pada beberapa
pasien positif Covid-19 yang telah menjalani perawatan di RSUD Abdul Rivai, dengan identitas pasien sebagai berikut :

  1. Tn.Tommy Afif Faluti (42 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan pelaku perjalanan dari Kota Samarinda dengan hasil TCM Negatif (Berau 71).
  2. Tn.Zulkifli Danor (36 tahun) dengan alamat Kelurahan Karang Ambon Kecamatan Tanjung Redeb, merupakan pelaku perjalanan dari Kota Samarinda dengan hasil TCM Negatif (Berau 72).
  3. Tn.Endra Supriyanto (30 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb, Kecamatan Tanjung Redeb merupakan kontak erat satu lingkungan kerja Berau 68 dengan hasil TCM Negatif (Berau 74).

“Kasus Positif Covid-19 yang merupakan klaster pelaku perjalanan Manado yang dirilis tanggal 4 Agustus 2020 telah dilakukan swab kontrol sebagai evaluasi karena telah menjalani isolasi mandiri selama menunggu hasil swab yaitu selama 14 hari,” tambahnya.

Adapun hasil swab kontrol pasien tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Ny.Dwi Mulyana (37 tahun) dengan alamat Kelurahan Gunung Tabur, Kecamatan Gunung Tabur merupakan kontak erat Berau 50 dengan hasil TCM Negatif (Berau 80).
  2. Tn. Hariyanto (51 tahun) dengan alamat Kelurahan Teluk Bayur, Kecamatan Teluk Bayur merupakan kontak erat Berau 45 dengan hasil TCM Negatif (Berau 81).
  3. Tn.Gigih Cahyo Bascoro (35 tahun) dengan alamat Kelurahan Gunung Tabur, Kecamatan Gunung Tabur merupakan kontak erat Berau 51 dengan hasil TCM Negatif (Berau 82).
  4. Tn.Lucky Nikola Estrada (23 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan kontak erat Berau 46 dengan hasil TCM Negatif (Berau 83).
  5. Ny.Gusmiati (38 tahun) dengan alamat Tanjung Redeb, Kecamatan Tanjung Redeb merupakan kontak erat Berau 50 dengan hasil TCM Negatif (Berau 84).
  6. Tn.Tri Hadi Setyowibowo (32 tahun) dengan alamat Kelurahan Sambaliung,Kecamatan Sambaliung merupakan kontak erat Berau 53 dengan hasil TCM Negatif (Berau 85).

“Dengan demikian sampai hari ini tanggal 5 Agustus 2020 total pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 12 kasus dari 91 kasus konfirmasi di wilayah Kabupaten Berau,” kata Iswahyudi mengakhiri press rilis.

Penulis : miko gusti/berauvision.com