Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Bupati Agus Pimpin Razia Masker di Pasar SAD

TANJUNG REDEB – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Berau bersama Tim Satgas COVID-19 melakukan inspeksi mendadak (sidak) razia masker agar masyarakat mentaati protokol kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19, di Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD) pukul 09.00 WITA, Minggu (17/1/2021).

Sejumlah masyarakat terjaring dalam razia masker kali ini.

Bupati Berau Agus Tantomo mengatakan jika ada peningkatan pelanggar dari hari sebelumnya. Hal ini pun diakuinya jika kebijakan Pemkab yang memberi tindakan tegas berupa denda bagi warga yang tidak menggunakan masker itu efektif dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker.

“Kita tidak tahu mereka pakai masker ini memang sudah sadar atau takut ditilang, namun yang penting sekarang ini ya pakai masker,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini masih banyak yang belum disadari oleh masyarakat. Apa lagi pada hari ini ia mendapat kabar ada 2 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

“Kampanye kita saat ini ya memberitahu apa bahaya tidak menggunakan masker. sebenarnya sejak april 2020 lalu sudah diminta mereka menggunakan masker, tapi kalau sekedar imbauan kurang efektif, jadi kami minta pengertiannya kalau kami mengambil langkah tegas,” katanya.

Agus juga meminta agar para petugas terus konsisten melakukan razia seperti ini agar masyarakat bisa selalu tertib menggunakan masker. Pasalnya, dengan tidak menggunakan masker seseorang bukan hanya beresiko tertular tetapi juga menularkan.

Sementara itu, Kasatpol PP Berau, Iramsyah menambahkan jika pihaknya akan tetap melaksanakan ketegasan sesuai perbup yang ada. Hal ini pun sudah disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memakai masker dan mengikuti disiplin prokes.

“Oleh karena itu, kita turun hari ini menindaklanjuti dan merealisasikan perda yang ada. Bagi pelanggar yang ditemukan maka akan dilakukan tilang,” tambahnya.

Iramsyah mengakui jika masyarakat yang tidak taat menggunakan masker sudah mulai berkurang dari biasanya.

“Hari ini sekitar 11 orang, jumlah ini sudah kurang dari biasanya dan ini rata-rata pengunjung,” pungkasnya.

Penulis : Sofy/berauonline.com