Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Bupati Muharram Buka Tes Beasiswa Ikatan Dinas

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, H Muharram mengapresiasi visi misi Perumda Batiwakkal dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Berau yang handal dan unggul melalui program beasiswa ikatan dinas bagi lulusan SMA/ sederajat.

Hal itu diutarakannya saat membuka ujian tertulis secara online beasiswa ikatan dinas di Ruang Kakaban, Sekretariat Daerah (Sekda) Berau, Senin (31/08/2020) pagi.

Bupati Muharram yang hadir, didampingi langsung oleh Dirut Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman.

“Hari ini (Senin), seleksi beasiswa telah di buka. Nantinya peserta yang lolos seleksi berkesempatan untuk kuliah di Akademi Teknik Tirta Wiyata di Magelang,” ucap Bupati Muharram.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan, keikutsertaan anak-anak Bumi Batiwakkal dalam tes dan seleksi beasiswa ikatan dinas ini merupakan pertama kalinya. Dan dinilai sangat baik karena memberikan kesempatan bagi lulusan di Berau.

“Iya program ini sangat baik. Dimana para lulusan SMA/sederajat di Berau mendapat kesempatan berkuliah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, peserta yang ikut kegiatan mencapai 188 orang yang nantinya diseleksi menjadi 5 orang putra putri terbaik Bumi Batiwakkal yang berkesempatan di berangkatkan ke Magelang.

“Saya harapkan para peserta benar-benar mempersiapkan diri pada ujian ini. Sebab, soal-soal yang membuat langsung dari Magelang baik itu meliputi Matematika dan Bahasa Inggris.

Diakuinya, banyak beberapa wali murid yang menghubungi pihaknya guna meminta salah satu buah hatinya diloloskan. Namun hal itu belum dapat dirinya penuhi.

“Iya ada beberapa orang tua yang menghubungi saya agar anaknya di loloskan. Saya bilang tidak bisa, peserta yang lolos harus benar-benar objektif dari hasil kemampuan mereka sendiri,” jelasnya.

Terakhir, dirinya berpesan agar dari 5 peserta yang lolos nantinya, bisa terus meningkatkan kemampuannya dan yang paling utama adalah bersyukur karena sudah terpilih.

“Dan bagi yang belum berkesempatan, maka harus bisa menyadari bahwa mungkin dirinya belum ditakdirkan oleh tuhan, sehingga perlu meningkatkan prestasinya kembali,” tutupnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Batiwakkal, Saiful Rahman yang dikonfirmasi secara terpisah menyebut, kegiatan tes tertulis tersebut dilakukan secara via online lantaran mengikuti arahan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau untuk tidak tatap muka.

“Iya karena di situasi pandemi, jadi kita mengikuti saran Dinkes untuk dilakukan secara online,” terangnya.

Meski diselenggarakan di tengah wabah virus, namun dirinya berharap agar nantinya benar-benar terpilih peserta terbaik agar nantinya dapat menjadi sumber daya yang unggul di tubuh Perumda.

“Soal-soalnya semua langsung dari pusat yang memberikan. Dan kami juga tidak tau seperti apa soalnya. Dan benar apa yang dikatakan pak Bupati saat sambutan, bahwa kita menyeleksi seobyektif mungkin,” terangnya.

Penulis : sgp/Berauvision.com