Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Dihantam Covid-19, Warga Biduk Justru Panen Jutaan Rupiah Dari Buah Pisang.

TANJUNG REDEB – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat warga  Kecamatan Biduk Biduk disaat ekonomi lesu akibat pandemi virus corona.  Mereka tetap berusaha membangkitkan perekonomian keluarga dengan cara menanam pisang yang memanfaatkan lahan tidur. Hasilnya pun setiap kali panen, warga berhasil meraup keuntungan puluhan juta rupiah.

“Terkait perekonomian masyarakat memang menjadi perhatian Muspika, sebab beberapa bulan terakhir ada beberapa kegiatan yang tidak jalan. Tapi alhamdulillah masih ada beberapa kegiatan yang berjalan, contohnya perikanan yang potensinya sangat besar di Biduk biduk. Termasuk pariwisata dan perkebunan,” jelas Camat Biduk Biduk, Abdul Malik,Jumat (4/12).

Kata dia, salah satu sektor yang cukup mengejutkan yakni perkebunan. dimana hasil pohon-pohon pisang yang ditanam warga tersebut dapat tumbuh dengan sangat subur.

Dengan bangkitnya perekonomian masyarakat ini, pihaknya bersama Muspika, tokoh agama dan tokoh masyarakat tidak henti – hentinya mengingatkan, bahwa dengan kondisi seperti sekarang ini masyarakat selain harus tetap waspada terhadap bahaya Covid-19. Namun juga harus tetap berfikir enovatif dalam membangun kemandirian ekonomi.

“Artinya, dalam kondisi seperti sekarang peningkatan perekonomian tetap menjadi utama, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena begitu kita keluar rumah, kita kontak komunikasi dengan orang lain, yang kita tidak tahu kemana saja dan berkomunikasi dengan siapa saja. Karena itu harus tetap waspada dan terapkan protokol kesehatan,” pesannya.

Malik juga menjelaskan, dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat, selain perkebunan pisang, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan dinas instansi terkait, salah satunya adalah kerajinan tangan dan makanan hasil home industri.

Dia sendiri juga mengaku bangga dengan warga Teluk Sumbang yang memanfaatkan Alokasi dana Kampung (ADK) untuk membangun jalan usaha tani.

“Sehingga selama ini lahan – lahan yang tidur dapat terkelola dengan baik, salah satunya menyulap lahan tidur menjadi kebun pisang,”pungkasnya. (*)