Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Dinas Perikanan Rangkul Komunitas Ikan Hias

PELUANG USAHA : Bisnis ikan hias menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.

TANJUNG REDEB – Bisnis ikan hias di Berau disebut cukup menjajikan karena penjualan ikan hias di Bumi Batiwakkal ini merupakan peluang usaha yang selalu berkembang dan cukup diminati oleh berbagai kalangan, baik sekadar hobi maupun untuk mendapatkan penghasilan. Dinas Perikanan pun mengandeng komunitas ikan hias untuk pengembangan kedepan komoditas ini kedepannya.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu mengatakan bahwa pada tahun ini Dinas Perikanan mulai mengandeng komunitas ikan hias. Berbagai kegiatan pun mulai dijalankan seperti bazar ikan yang menjadi agenda bulanan Dinas Perikanan. “Sudah dua kali kita ikutkan. Kita juga sudah menyusun beberapa program yang akan dijalankan nanti, yaitu lomba ikan cupang, bazar ikan hias, dan bantuan pembenihan ikan hias melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan 2021,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ikan hias ini merupakan salah satu peluang usaha yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk dikembangkan. Bahkan bisnis ikan hias ini cukup menjanjikan dengan penjualan hingga ke luar negeri. “Ini juga merupakan program kementerian untuk menggalakan ikan hias yang masuk dalam budidaya perikanan,” katanya.

Sementara Ketua Komunitas Ikan Hias Berau, Heriyono menjelaskan bahwa harga ikan hias tak pernah mengalami penurunan, sehingga dinilai sangat menguntungkan. “Apalagi pada saat Pandemi saat ini, penjualan cukup meningkat khususnya yang ke Kaltara. Karena rata-rata orang kan banyak yang berdiam diri di rumah, jadi perlu hiburan,” ungkanya.

Harga ikan hias juga bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Dan rata-rata ikan hias ini didatangkan dari Pulau Jawa. “Ini yang menjadi persoalan kita. Tentu kita harapkan pemerintah bisa membantu untuk indukan ikan hias ini sehingga bisa dikembangkan di Berau dan tak perlu lagi dikirim dari Jawa. Ini tentu akan mempengaruhi harga jual menjadi lebih murah. Sekaligus Dinas Perikanan bisa melakukan pelatihan kepada pengusaha ikan hias untuk peningkatan kapasitasnya,” ujar Owner Kios Radja Ikan Berau ini.(*)