Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Disbudpar Fokus Kembangkan SDM Pariwisata

TANJUNG REDEB,- Pengembangan sumber daya manusia (SDM) diyakini bisa meningkatkan kunjungan wisawatan repeater. SDM yang dimaksudkan adalah menciptakan kualitas pelayanan, kenyamanan, pengembangan sarana serta pengelolaan objek wisata.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Masrani, wisatawan repeater adalah wisatawan yang sudah pernah mengunjungi suatu daerah tujuan wisata lebih dari satu kali. Mereka ingin mengetahui hal-hal yang mereka belum sempat dilihat atau dirasakan pada kunjungan sebelumnya.

“Untuk meningkatan wisatawan repeater, kami fokuskan pada pembangunan SDM. Tujuan jangka pendeknya, orang mau berkunjung kembali. Jangka menengahnya, membawa teman, kerabat ataupun keluarga. Dan jangka panjangnya, destinasi Berau dikenal luas hingga mancanegara,” terangnya.

Masrani mengaku, wisatawan repeater untuk mancanegara tahun ini menurun. Karena pandemik COVID-19. Namun wisatawan domestik, datang berulang kali.

“Selama ini, Derawan dikunjungi wisatawan domestik berulang kali. Angka lama menginap 3 hingga 5 hari,” jelasnya kepada Disway, Senin (30/11).

Bahkan, katanya, destinasi Bakungan Besar atau yang dikenal dengan coconut virgin lama kunjungan bisa sampai 1 bulan.

Setelah pembukaan destinasi bertahap sejak Agustus 2020, Masrani mengaku tren kunjungan positif. Untuk wisatawan domestik. Sebab belum dibuka untuk wisatawan mancanegara. Ke depan, Masrani optimistis  kunjungan ke sektor pariwisata meningkat pesat. (*)