Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Disdik Berikan Beasiswa Bagi Pelajar SMP Tidak Mampu

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Beray melalui Dinas Pendidikan akan memberikan Beasiswa untuk  pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beasiswa itu rencananya akan diberikan kepada 880 siswa Se-Kabupaten Berau,  yang utamanya bagi siswa yang tidak mampu dan siswa berprestasi.

Nantinya, satu orang yang layak mendapatkan akan menerima beasiswa pendidikan senilai Rp 2 juta.

“Hasil serapan sebagaimana hasil seleksi usulan dari sekolah sampai hari ini baru 809 orang yang mendaftar,” kata Kasi Kesiswaan dan Kreatifitas SMP Dinas Pendidikan Jumairi, belum lama ini.

Khusus untuk beasiswa prestasi diperuntukkan untuk 56 orang. Akan tetapi, saat ini belum bisa diusulkan lantaran tahun ini kegiatan fisik berupa lomba yang menjadi agenda rutin ditiadakan sehingga tidak ada peserta lomba.

“Dalam waktu dekat ini akan ada karena KSN baru saja dilaksanakan,” lanjutnya

KSN adalah Kompetisi Sains Nasional yang disiapkan untuk 9 pemenang masing-masing juara 1,2 dan 3 dari bidang IPA, IPS dan Matematika Tingkat Kabupaten.

“Juara yang kita bantu dalam beasiswa prestasi ini minimal juara Kabupaten,” ungkapnya.

Sedangkan untuk beasiswa tidak mampu yang sudah cair pada tahap pertama ada 500 orang lebih dan masih tersisa 300an orang. Kendalanya sebab ada berkas-berkas yang belum lengkap dari sekolah dan susahnya menghubungi siswa-siswa jika terdapat berkas yang kurang lengkap.

“Dan jika sampai akhir tahun berkas belum di lengkapi, maka kami terpaksa mengembalikan dana dengan disertakan pernyataan atau alasan dari siswa yang bersangkutan atau dari sekolah yang bersangkutan,” tutupnya.(*)