Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Distanak Rehap Kandang Sapi Peternak di Dua Kecamatan

 TANJUNG REDEB – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau kembali menyalurkan bantuan terhadap para peternak di Berau. Kali ini, bantuan diberikan untuk peternak di tiga kampung, dalam bentuk pembangunan dan rehab kandang ternak sapi.

Tiga kampung tersebut yakni Kampung Tumbit Melayu, Kecamatan Teluk Bayur, Kampung Samburakat dan Kampung Melati Jaya, di Kecamatan Gunung Tabur.

Kepala Distanak Berau Mustakim mengatakan, bantuan pembangunan kandang ternak sapi di Tumbit Melayu, bertujuan agar para peternak setempat bisa menempatkan peliharaannya ketika terjadi banjir bandang. Kandang tersebut diproyeksikan mampu menampung 100 ekor sapi.

“Bantuannya berupa swakelola, jadi kami berikan uangnya dan mereka melakukan pembuatan kandangnya sendiri secara bergotong-royong,” katanya.

Sementara di Kampung Samburakat dan Kampung Melati Jaya, pihaknya memberikan bantuan rehab kandang ternak.

“Kalau di Kampung Melati Jaya itu fungsinya lebih berbeda. Karena akan ada juga fokus pembentukan pupuk alami dari sapi,” ujarnya.

Untuk tiga kandang ternak tersebut, Mustakim mengungkapkan anggaran yang dikucurkan sekitar dari Rp 200 juta. Di mana dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau tahun 2020.

“Kami berharap dengan bantuan kandang ternak ini, semakin memudahkan dan membuat para peternak semakin semangat,” harapnya.(*)