Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

DPRD Minta DPUPR Evaluasi Pengerjaan Drainase

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman meminta pelaksanaan proyek pembangunan drainase dalam perkotaan, yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau dievaluasi.
Permintaan tersebut, kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bukan karena terjadi masalah pengerjaan di lapangan. Melainkan, pengerjaan drainase yang menutup jalan dianggap menganggu arus lalulintas di perkotaan.
“Itu keluhan masyarakat yang masuk ke kami (Komisi III),” Katanya belum lama ini.
Menurut Sakirman, permasalahan ini dilematis. Di satu sisi, proyek pembangunan drainase telah disetujui dan telah dikerjakan oleh pemenang tender. Kendati demikian, permasalahan ini harus dituntaskan apapun resikonya.
“Yang jelas kami akan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar permasalahan ini bisa dingin dan tidak semakin keruh,” harapnya.
Dia melihat, ada kesalahan dalam metode pengerjaan drainase perkotaan. Terkadang, evaluasi yang dilakukan DPUPR dengan manajemen terkait pengerjaan tidak tersampaikan kepada kontraktor maupun pekerja di lapagan.
Contoh kecil, terkait track eksapator yang harus menggunakan papan saat melintasi jalan kerap diindahkan operator alat berat. Karena mengejar progres pengerjaan hingga akhir tahun.
“Sehari pakai papan, besoknya tidak lagi. “Kucing-kucingan” jadinya, karena tidak setiap saat pengawas berada di lapangan,” bebernya.
Dalam waktu dekat, Komisi III DPRD akan melakukan hearing dengan DPUPR untuk melakan evaluasi kerja tahun pagu anggaran 2019. Sakirman juga sudah meminta setplain seluruh pengerjaan pembangunan di perkotaan, guna mengetahui progres pengerjaan.
“Kami minta laporan, yang sudah dikerjakan dan kekurangannya berapa, serta prioritas untuk dikerjakan di mana saja. Supaya dana ini tidak tersedot semuanya untuk drainase. Masih banyak kebutuhan yang lebih prioritas,” terangnya.
“Setidaknya, tujuan mengurangi banjir sudah teratasi. Progres ini juga kami mintai untuk dievaluasi dalam rapat nanti,” tandasnya.(tim)