Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Hebat, Pelajar SD di Berau Ini Raih Juara Lomba Kemendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim membacakan surat inspiratif. Salah satunya, surat yang ditulis pelajar asal Berau, Rivaldi R Yampata (kiri bawah).

Tanjung Redeb, Berauterkini.id– Lomba menulis surat yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penguatan Karakter, 11-17 Mei lalu, dimenangkan pelajar asal Berau, Rivaldi R. Yampata.

Rivaldi yang kini duduk di kelas 4 SDN 016 Tanjung Redeb, berhasil menyisihkan ribuan surat yang dikirim melalui WhatsApp ke panitia pelaksana.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Berau Suprapto, surat yang ditulis Rivaldi masuk satu dari lima surat inspiratif. Dua surat dari guru dan tiga surat dari pelajar.

Bahkan, kata Suprapto, surat yang ditulis Rivaldi dibacakan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Selain itu, Mendikbud pun sempat berbincang langsung dengan Rivaldi yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud.

Dalam suratnya, lanjut Suprapto, Rivaldi menceritakan bagaimana pengalaman belajarnya saat pandemik COVID-19. Misal, terkait ibu Rivaldi menitipkan anaknya dengan seorang guru yang telah lama dikenal. Karena ketika proses belajar dialihkan menjadi serba online, Rivaldi tidak memiliki ponsel.

“Jadi, Rivaldi berhasil memenangkan (lomba). Sebab, memiliki beberapa aspek yang menjadi penilaian,” kata Suprapto, Selasa (26/5).

“Sesuai dengan tema, kreativitas, bahasa yang mengandung unsur penguatan karakter gotong royong dan toleransi,” tambahnya.

Atas prestasinya itu, Dinas Pendidikan akan memberikan apresiasi kepada Rivaldi, dengan memberikan beasiswa prestasi. *

Sumbee : diswaykaltim