Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Innalillahi, Lagi Satu Kasus Covid-19 Meninggal Dunia

TANJUNG REDEB – Kasus Covid-19 di Kabupaten Berau kian meningkat. Hal tersebut disampaikan dalam press rilis terkait hasil laboratorium Covid-19 di Kabupaten Berau, Kamis (24/12/2020).

Dalam press rilis tersebut, terdapat tambahan 19 pasien terkonfirmasi positif, 1 pasien meninggal dunia dan 12 pasien dinyatakan selesai isolasi atau sembuh.

“19 kasus ini, 17 kasus diantaranya merupakan transmisi lokal, 2 lainnya dari pelaku perjalanan. Ini tentu semakin mengkhawatirkan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi.

Peningkatan ini merupakan yang terbesar yang semuanya berasal dari transmisi lokal, tanpa ada tambahan dari pelaku perjalanan. Menunjukkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Berau begitu masif dan mengkhawatirkan.

“Jika masyarakat masih lalai protokol kesehatan, maka tidak memungkinkan hanya tinggal menunggu waktu saja lagi untuk tertular,” ungkapnya.

Selain itu, ada tambahan satu pasien yang dinyatakan meninggal dunia atas nama Ny UZ (44) atau Berau 852.

“UZ terkonfirmasi positif pada hari ini 24 Desember 2020 lalu, yang merupakan transmisi lokal yang belum diketahui sumber penularannya,” ujarnya.

UZ dinyatakan meninggal dunia pada Kamis 24 Desember 2020 pukul 06.00 WITA, usai menjalani perawatan di ruang isolasi Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai, Tanjung Redeb.

Selain tambahan positif dan meninggal, terdapat tambahan 12 pasien yang dinyatakan selesai menjalani isolasi atau sembuh.

“12 dinyatakan sembuh atau selesai isolasi,” bebernya.

Dengan demikian, kasus Covid-19 di Berau berjumlah 854 kasus, 258 kasus masih menjalani perawatan dan 12 kasus meninggal dunia.

Saat ini penularan Covid-19 mengalami peningkatan yang sangat signifikan, sehingga diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sebagaimana berikut:

1.Tidak melakukan aktifitas di luar rumah jika tidak terlalu penting
2.Selalu memakai masker jika keluar rumah dan jaga jarak dengan siapapun
3.Hindari kerumunan dan aktifitas yang melibatkan orang banyak
4.Makan makanan bergizi dan cuci tangan sesering mungkin

Penulis : Sofy/BerauOnline.com