Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Kampung Siapkan BLT Untuk 3 Bulan dari Dana Desa

Tanjung Redeb,- Rencana pemberian stimulan bagi warga terdampak kebijakan pemerintah selama pandemik COVID-19 tak hanya dilakukan oleh pemerintah Pusat, provinsi dan tingkat kabupaten. Namun pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga akan disalurkan melaui Dana Desa di masing-masing kampung.

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Ilyas Natsir, memang Anggaran Dana Desa (ADD) saat ini di wajibkan bagi semua kampumg untuk memprogramkan penyaluran BLT.

“Tetapi, penyaluranya tidak diperbolehkan tumpang tindih dengan bantuan dari pusat, provinsi dan kabupaten,”ujarnya Rabu (22/4).

Skema penyaluran BLT lewat dana desa ini di awali dengan penyaluran bantuan dari kabupaten sebesar Rp 750 ribu, lalu dari provinsi Rp 750 ribu dan pemerintah pusat sebesar Rp 600 ribu. Jika nanti dari daftar penerima di satu kampung telah tuntas di salurkan, tetapi masih ada warga miskin yang tidak terakomodir maka mereka itu akan diberikan BLT melalui dana desa sebesar Rp 600 ribu rupiah mengikuti standar BLT pusat.

Mengikuti edaran yang dikeluarkan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) penyaluran BLT lewat Dana Desa akan fokuskan dalam bentuk uang tunai.  Sehingga, nanti warga sendiri yang akan menggunakan untuk membeli kebutuhan sehari hari.

“Penyaluran ini sendiri akan dilakukan setelah panyaluran dari kabupaten, provinsi dan pusat rampung dilakukan. Kemudian pemberian bantuan BLT lewat dana desa ini akan dilaksanakan selama 3 bulan,” jelasnya.(*)