Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Kembangkan Ekonomi Kreatif Daerah

SAMARINDA – Kabupaten Berau mendapat julukan surga pariwisata di Kalimantan Timur. Potensi keindahan wisata alam maupun budaya dan sejarah ini diharapkan sejalan dengan pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) daerah. Beberapa sektor ekraf pun menjadi perhatian serius Pemkab Berau untuk dioptimalkan. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Berau Gamalis, disela mengikuti pertemuan Diseminasi Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Timur, yang dibuka Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi di Ballroom Hotel Mercure di Samarinda, Selasa (23/3) kemarin.

Dikatakan Gamalis, ekonomi kreatif merupakan perwujudan dari sebuah nilai tambah kekayaan intelektual. Ekraf pun diera saat ini sudah menjadi salah satu pendongkrak ekonomi dan sudah sepatutnya ekonomi kreatif, seperti sektor kuliner, kriya, seni pertunjukan, hingga aplikasi berbasis digital. “Peluang ekonomi kreatif ini harus disambut dan dikembangkan sejalan dengan pengembangan pariwisata daerah,” ungkap Gamalis.

Untuk itu dengan disusunnya peta jalan pengembangan ekonomi kreatif digagas Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur bersama Deputi Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dengan melibatkan para ahli ini, diharapkan Gamalis dapat membantu pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pelaku pariwisata untuk bersama sama mendorong kemajuan ekonomi kreatif. “Ini tentu kita sambut baik, karena ini menjadi tantangan, peluang dan pendorong semangat kita untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif didaerah,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi menyampaikan pentingnya data yang disajikan dari peta jalan pengembangan ekonomi kreatif Kalimantan Timur yang telah tersusun ini. Di Kaltim dikatakannya banyak generasi muda kreatif yang tentu ini harus mendapat perhatian untuk terus dikembangkan. Terlebih Kaltim yang telah ditetapkan sebagai Ibukota negara baru, tentu akan memberikan dampak yang besar terhadap sektor pariwisata. “Data yang ditampilkan ini tentunya sangat penting dalam pengembangan ekonomi kreati bagi Kaltim,” ungkapnya.

Acara diseminasi peta jalan pengembangan ekonomi kreatif ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama kepala daerah daerah dan penyerahan buku peta jalan pengembangan ekonomi kreatif Kaltim. (Hms)