Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Madri Pani minta Kampung Teliti Sebelum Sampaikan Usulan.

TANJUNG REDEB- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun. Ada ratusan usulan dari seluruh kampung yang disampaikan kepada pemerintah daerah untuk bisa direalisasikan. Apalagi, ratusan usulan itu merupakan prioritas dari masing-masing kampung.

Hanya saja, banyak dari usulan kampung justru tidak teralisasi. Meskipun usulan itu sangat prioritas dan selalu disampaikan saat Musrenbang tingkat kecamatan. Hal ini turut menjadi perhatian ketua DPRD Berau Madri Pani.

Kata dia, sebelum menyampaikan usulan. Semestinya pemerintah kampung harus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan usulan prioritas. Termasuk masalah lahan bila itu berkaitan dengan pembangunan gedung.

“Contoh kalau kampung usul pembangunan pustu. Pastikan dulu lahan tersedia dan titik kordinatnya tepat. Kalau ini diterapkan saya yakin 90 persen teralisasi,”ungkapnya,Senin (22/3/2021).

Mengapa hal ini perlu dilakukan, sebab usulan tanpa dibarengi dengan dukungan kampung dalam menyiapkan lahan akan sulit juga teralisasi. Apalagi disituasi keuangan daerah yang saat ini tengah terpuruk akibat pandemik COVID-19.

Lalu lanjut dia, pemerintah kampung juga harus teliti saat memasukan usulan prioritas kampung kedalam SIPP atau Sistem Informasi Perencanaan dan Pembangunan. Sebab bila usulan yang direncanakan tidak tepat siapa OPD yang dituju akan percuma. Dan tidak akan direalisasikan.

“Jadi ini perlu jadi perhatian semua kepala kampung. Contoh soal usulan jalan usaha tani. Ini bisa masuk Dinas Perkebunan. Bisa masuk Dinas Pertanian. Bisa juga masuk Dinas PUPR. jadi sebelum mengusulkan harus betul-betul dipastikan OPD yang dituju,” tegasnya.(*)