Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Maksimalkan Pengelolaan Aset Untuk Tambah PAD

Tanjung Redeb – Wakil Ketua II DPRD Berau Ahmad Rifai mengatakan, saat ini sumber pendapatan daerah belum digarap secara optimal. Salah satunya pemanfaatan aset daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah. Untuk itu,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyarankan Pemkab Berau melakukan inventarisasi aset-aset daerah.

“Perlu dilakukan inventarisir aset, supaya ada kejelasan. Mana aset pemkab, mana yang bukan. Sehingga bisa dirumuskan pengelolaannya secara optimal, guna memberikan dampak bagi peningkatan PAD Berau,” jelasnya

Tidak hanya aset daerah, Rifai juga mengatakan saat ini pengelolaan perusahaan daerah (perusda) milik Pemkab Berau belum optimal. Begitu juga dengan perusahaan patungan, baik antara pemkab dengan swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN). Hal ini kata dia dilihat minimnya kontribusi bagi peningkatan PAD Berau.

“Sebagai fungsi kontrol, selayaknya DPRD Berau dapat ikut mengawasi kinerja pengelolaan perusda yang ada. Jangan sampai timbul kerugian di tubuh perusda sehingga berdampak pada turunnya kontribusi dalam PAD,” tandasnya..