Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Pemkab Dukung Vaksinasi Dilakukan

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau, Iswahyudi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Susila Harjaka mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pendemi Covid-19 secara virtual, bertempat di ruang Kepala Diskominfo, Senin (30/11/2020) kemarin sore.


Turut hadir sebagai narasumber Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M Tito Karnavian, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Komunikasi dan Informatika Menkominfo, Jhonny Gerard Plate.


Menurut Mendagri, M Tito Karnavian, rapat koordinasi ini digelar sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

“Karena masalah pandemi Covid-19 ini merupakan masalah kita bersama, Untuk itu kami berharap melalui pelaksanaan rakor ini kita dapat berdiskusi bersama dalam menyamakan persepsi, sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.


Sementara itu, Menkes RI, Terawan Agus Putranto mengatakan untuk rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini sudah diatur dalam surat keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor Hk.01.07/Menkes/6573/2020 tentang tim pelaksanaan vaksinasi Corona virus Disease 2019(Covid-19)

“Dimana tim pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI ini akan berkoordinasi bersama Gubernur, Bupati dan Walikota, untuk dapat membentuk tim pelaksana pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, sehingga masing-masing daerah tersebut dapat secara langsung memantau, mendata dan mengkonfirmasikan satu data vaksinasi Covid-19 kepada pusat,” ujar Terawan.


Menyikapi apa yang disampaikan tersebut, Kadinkes Berau, Iswahyudi mendukung penuh atas pelaksanaan program vaksinasi ini, karena ini suatu upaya untuk memperkuat kapasitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
Karenanya Iswahyudi memberikan dukungan dalam percepatan dan kelancaran pelaksanaan vaksinasi Pemerintah dalam hal pengadaan dan pelaksanaan Vaksin terkhusus di Kabupaten Berau.


“Dengan adanya pengadaan dan pelaksanan Vaksin ini diharapkan dapat menekan dan mencegah penularan Covid-19 tanpa mengabaikan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” pungkasnya.(*)