Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Pendataan Penerima BLT Rampung. Totalnya ada 22 Ribu KK

Tanjung Redeb  – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga yang terdampak kebijakan pemerintah daerah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemik  COVID-19 sudah didepan mata. Bupati Berau Muharram mengatakan, telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pencairan BLT dan saat ini telah di proses Dinas Sosial Berau.

“Baru Senin (20/4) malam lalu saya tanda tangani SK pencairan bantuan langsung tunai yang akan diberikan oleh pemerintah Kabupaten Berau kepada warga tidak mampu terdampak COVID-19,” ujarnya.

Lambatnya proses pengumpulan data dikatakan Muharram bukan karena faktor kesengajaan. Tetapi dengan jumlah penerima yang mencapai 22 ribu Kepala Keluarga (KK) dari 13 kecamatan memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pendataan. Apalagi ada kampung yang tidak ada internet sehingga penyerahan data mengalami keterlambatan.

“Kemudian banyak data yang terus di perbaharui karena banyak warga yang terlambat masuk data penerima BLT  jadi alasan sejumlah lurah dan Kepala Kampung. Tapi kami targetkan sebelum lebaran sudah cair,” ucapnya.

“Sekarang baru di proses SK Bupatinya terkait pemanfaatan dana penanganan COVID-19 itu karena masih ada Perbup lagi yang harus di keluarkan terkait BLT ini,” imbuhnya.

Lanjut Muharram, proses pencairan ini nantinya akan dilakukan secara langsung saat semua aturan yang harus ditempuh telah selesai dilakukan. Hal ini dilakukan  karena pemkab tidak ingin penyerahan bantuan tersebut tanpa dasar hukum yang akan menjadi masalah dikemudian hari. (*)