Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Penuhi Infrastruktur Diseluruh Kecamatan Tetap Prioritas

TANJUNG REDEB – Pemenuhan infrastruktur dasar menjadi salah satu arah kebijakan yang menjadi prioritas. Secara bertahap program ini dijalankan setiap tahunnya. Salah satunya adalah pembangunan jalan yang ada di setiap kecamatan yang terus dibangun pemerintah.

Beberapa waktu yang lalu, Bupati Muharram menyampaikan, program pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jalan dan jembatan realisasi 2019 mencapai Rp 302,74 miliar atau tercapai 98,59 persen.

“Anggaran ini diarahkan untuk peningkatan jalan dalam kota maupun luar kota terutama jalan jalan poros kampung. Jalan menuju sentra produksi pertanian dan jalan menuju destinasi wisata,” ungkapnya.

Ia mengatakan, arah kebijakan pemerintah yaitu pemerataan pembangunan infrastruktur dasar, pemerataan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana transportasi, peningkatan dan pemeliharaan kualitas lingkungan hidup, pengembangan agribisnis, peningkatan daya saing dan diversifikasi produk wisata, peningkatan investasi pembangunan jangka panjang, pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Kemudian optimalisasi pemberdayaan masyarakat miskin, peningkatan kualitas pengelolaan sumber daya alam dan masyarakat kampung secara lestari, penataan dan peningkatan pelayanan pendidikan, penataan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan penakeragaman pangan, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas dan manajemen publik.

Arah kebijakan yang akan dijalankan ini sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Pemkab Berau disampaikannya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun program dan kegiatan yang sifatnya prioritas.

“Program-program pro rakyat harus kita utamakan melalui prioritas pembangunan yang kita tetapkan setiap tahunnya,” jelasnya.

Muharram menegaskan semangat dalam membangun ini merupakan manifestasi dari kesungguhan dalam pembangunan. Sehingga akan memacu semangat dalam mencari dan meningkatkan sumber-sumber pendapatan guna peningkatan kebutuhan masyarakat.

“Memang kita sadari masih banyak kekurangan pembangunan. Namun semuanya itu akan dibenahi dalam pelaksanaan pembangunan yang akan datang,” tegasnya. (*)