Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Pjs Bupati Dorong Kampung Kembangkan Perpustakaan Masing-Masing

TANJUNG REDEB, BERAUTERKINI– Pjs Bupati Berau, M Ramadhan memacu seluruh kampung agar terus mengembangkan perpustakaan di kampungnya masing-masing. Catatan prestasi yang membanggakan dari Perpustakaan Harapan Bangsa Kampung Pegat Bukur diharapkan bisa ditiru kampung lainnya, sehingga literasi di Berau semakin berkembang pesat.

Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menyampaikan, semangat literasi ini harus ditanamkan sejak dini. Karena melalui literasi ini lah yang akan membentuk karakter dan kemampuan generasi muda sebagai dasar dalam melanjutkan pembangunan di daerah untuk kedepannya.

Ditegaskannya, agar masing-masing kampung dalam mengembangkan perpustakaan dapat disesuaikan dengan kondisi di wilayahnya. Karena masing-masing kampung memiliki potensi yang berbeda satu sama lainnya. Sehingga masyarakat yang ada di setiap kampung bisa mengembangkan kemampuan dirinya sesuai dengan potensi yang ada. Sekaligus mengelola potensi itu sebagai sumber pemasukan bagi kampung.

“Jadi masyarakat bisa paham apa yang harus dilakukan dalam berperan membangun kampungnya,” jelasnya.

Salah satu contoh yang bisa dilakukan, yaitu pengelolaan sumber daya yang ada di wilayah bahari. Di mana potensi ini sangat besar untuk bisa dikembangkan kedepannya. Oleh karena itu masyarakat harus memiliki kemampuan mumpuni dalam mengelola potensi ini sebagai sumber pemasukan yang besar di masyarakat.

“Kemampuan itu diperoleh melalui literasi. Di sinilah peran pemerintah kampung dalam membangkitkan semangat literasi ini melalui perpustakaan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Hendratno memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diperoleh Kampung Pegat Bukur dan SMA 2 di tingkat nasional. Hal ini memperlihatkan kepedulian pemerintah kampung dan sekolah dalam mengembangkan perpustakaannya.

“Ini sebagai motivasi dan semangat dalam perjuangan literasi di Berau. Kami mengharapkan kedepan agar sarana dan prasarana bisa dipenuhi lagi. Saat ini kita sedang mengajukan usulan melalui Perbup agar anggaran pengelolaan perpustakaan dimasukan dalam APBK,” katanya. Perkembangan perpustakaan setiap tahunnya menunjukkan prestasi membanggakan. Di tahun 2020, Perpustakaan Harapan Bangsa berhasil menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Kemudian untuk tingkat sekolah yaitu SMA Negeri 2 Berau dengan berhasil menjadi juara harapan II.(*)