Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

PPKM Skala Mikro Berhasil Tekan Penyebaran COVID-19 di Berau

TANJUNG REDEB – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dinilai berhasil menekan angka kasus penularan COVID-19 di Kabupaten Berau. Buktinya, saat ini dari 13 kecamatan yang ada di Berau sudah empat kecamatan masuk zona hijau atau zero kasus. Sementara delapan kecamatan zona kuning dan hanya satu kecamatan zona merah.

Dikatakan Bupati Berau Sri Juniarasih, keberhasilan ini tak lepas dari kerjasama semua pihak. Terutama perangkat desa yang benar-benar serius dalam menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Kecamatan yang zona hijau itu seperti Maratua, Biatan,Tabalar dan Biduk-Biduk. Kemudian kecamatan yang zona kuning jumlah pasien terkonfirmasinya tidak melebihi dari 15 orang,” ujarnya,Minggu (28/3/2021).

Saat PPKM skala mikro diterapkan di Kaltim sejak 9-22 Maret 2021, hampir semua kecamatan terdapat pasien terkonfirmasi. Meskipun jumlahnya sedikit. Yakni jumlah pasien terkonfirmasi yang masih menjalani perawtan pada 9 Maret mencapai 212 pasien.

Dukungan kepolisian dan TNI  melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tingkat kampung bersama tim Satgas penanganan COVID-19 wilayah setempat sangat membantu kecamatan sampai ke level RT untuk mengawal penerapan PPKM mikro ini.

“Sekarang, setelah diberlakukannya PPKM mikro sudah tidak ada wilayah (RT) di 12 kecamatan yang masuk zona merah. Hanya di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb masih cukup tinggi penyebarannya. Karena jumlah penduduk juga tinggi,”katanya.

Selain kerjasama semua perangkat kampung dan kepolisian maupun TNI. Dukungan masyarakat yang mau patuh terhadap penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama PPKM skala mikro yang dilaksanakan memberikan dampak positif.

Namun begitu, bersama aparat kampung dan kecamatan Sri Juniarsih meminta semua pihak masih harus terus berusaha menekan penyebaran COVID-19. Agar wilayah yang masuk zona kuning agar segera masuk zona  hijau. Begitupun juga untuk kecamatan yang masuk zona merah dapat zero kasus. 

“Semua harus tetap turun ke masyarakat membantu pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) sekaligus mengingatkan tentang protokol kesehatan, membagikan masker dan membantu mengendalikan mobilitas masyarakat disetiap wilayah,”imbaunya.

Saat ini sendiri, berdasarkan data dari satgas penanganan COVID-19 Berau per 28 Maret 2021. Jumlah kasus terkonfirmasi di Berau mencapai 3.798 kasus, 3.606 dinyatakan sembuh, 73 pasien meninggal dunia dan 119 pasien masih menjadi perawatan. (*)