Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Selesai Sosialisasi, Masjid Yang 100 Persen Siap Dipersilahkan Buka

BERAUTERKINI, TANJUNG REDEB – Sebagai tindak lanjut untuk membuka kembali tempat ibadah, Pemerintah Kabupaten Berau bersama dengan Lembaga dan Ormas Islam melakukan sosialisasi terkait hal yang perlu disiapkan pengurus mesjid agar bisa membuka kembali mesjid yang selama ini ditutup untuk kegiatan sholat berjamaah.

Sosialisasi tersebut, digelar di ruang rapat Sangalaki Kantor Bupati Berau, Sabtu pagi (30/5/2020).

Bupati Berau Muharram selaku ketua dari tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 menegaskan, bagi mesjid yang selama ini sudah siap dari standar dan paham tentang protokol kesehatan maka diperbolehkan untuk langsung melaksanakan sholat berjamaah kembali dengan catatan pihak mesjid juga bersedia mensosialisasikannya kepada seluruh jamaah.

“Yang sudah siap dan mempersiapkan seperti protokol kesehatan kita persikahkan, tentu pastinya perlu memahami dulu standar yang sudah kita tentukan dan mensosialisasikannya supaya jamaah juga paham,” tegasnya.

“Jangan sampai belum paham pemahamannya dan belum ada disosialisasikan tiba-tiba dilaksanakan,” tambah Bupati.

Selain itu, dalam hal ini Muharram juga berharap agar pemerintah Kecamaran dan Desa juga bisa membantu terkait sosialisasi bagi Surau dan Musholla.

“Nanti secara bertahap dari Camat, Lurah juga ikut serta melakukan sosialisasi untuk surau, mushola yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua MUI Berau Syarifuddin Israil mengatakan keputusan tersebut dapat berjalan dengan baik jika masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan secara disiplin saat akan beribadah secara berjamaah.

“Setelah kita mendengarkan para ahli dengan kondisi yang terkini dan memperhatikan kebijakan pemerintah terkait New Normal saya kira memang harus adanya situasi baru dengan catatan kedisplinan masyarakat termasuk di dalam berjamaah di mesjid dengan penerapan dan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya. (*)

Sumber : miko/berauvision.com