Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Solusi Cegah COVID-19 Perkantoran, Rapat Pindah ke Online

TANJUNG REDEB – Di saat musim wabah Covid-19 seperti sekarang ini, warga dianjurkan melakukan physical distancing dan berdiam diri di rumah, jika keluar rumah hanya seperlunya saja.


Bagi yang bekerja di rumah pun juga dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Jadi semuanya bisa dikerjakan tanpa harus ada kehadiran fisik di kantor seperti mengirim file lewat email, urusan pembayaran lewat transfer bank, hingga rapat.


” Nah berbicara tentang rapat, juga bisa dilakukan dari jarak jauh dengan telekonferensi atau teleconference. oleh sebab itu Diskominfo meminjamkan alat telecoference ke 13 kecamatan kemarin untuk mempermudah koordinasi antara pemerintah kabupaten dan kecamatan,” ujar Kadiskominfo Berau, Susila Harjaka.

Teleconferensi ini bukan hanya dilakukan oleh pejabat atau orang kantoran saja. Para pelajar juga sudah melakukannya, karena anjuran belajar dari rumah. ” Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung telekonferensi, yang bisa dilakukan dengan mudah dan bermodalkan webcam serta headphone,” jelasnya.


Oleh sebab itu telekonferensi menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan pertemuan-pertemuan seperti rapat, kegiatan belajar mengajar, pelatihan, dan kursus dan sebagainya bahkan pertemuan informal pun bisa dilakukan.

Dijelaskan , telekonferensi adalah pertemuan atau percakapan berbasis elektronik secara langsung (live), di antara tiga atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi.

“Telekonferensi secara umum bertujuan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain, dapat mempersingkat waktu dan menghemat biaya pertemuan, dan disisi lain dapat menghindari wabah Copvid-19 yang ditularkan dari manusia ke manusia karena secara fisik tidak bertemu,”pungkasnya.(*)