Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Tiga Kelurahan Pertanyakan Blangko KTP

TANJUNG REDEB – Tiga kelurahan yang menjadi tempat reses anggota DPRD Berau, Syamsul Maaruf, yakni Kelurahan Gayam, Bugis dan Sei Bedungun beberapa waktu lalu, permasalahan kartu tanda penduduk (KTP) mencuat. “Masalah KTP sangat penting karena digunakan untuk pengurusan banyak hal. Ini warga menanyakan pembuatan KTP yang tak kunjung selesai. Blanko habis dan lambatnya proses pengurusan menjadi salah satu kendala yang tak kunjung ada solusinya,” ungkapnya, Senin (28/11).
Karena itu, dirinya berencana akan memanggil pihak Disdukcapil Berau untuk mendengarkan tanggapan atau alasan mengenai keluhan tersebut. Sebagai mitra Komisi I DPRD Berau, disdukcapil diminta menjelaskan dan melakukan langkah cepat. Komisi I membidangi kesejahteraan masyarakat, pendidikan, ketenagakerjaan dan lainnya.
Selain masalah KTP, penyerapan tenaga kerja juga menjadi keluhan yang tak ada habisnya dari masyarakat. Banyaknya perusahaan di Berau namun perbandingan penyerapan tenaga kerja lokal yang dianggap masih kurang menjadi pokok masalah.
“Masalah tenaga kerja ini juga menjadi persoalan yang sering muncul. Selama ini hanya dua sektor unggulan di Berau yaitu pertambangan dan sawit yang kebanyakan menyerap tenaga kerja luar. Tenaga kerja lokal kurang terserap,” bebernya.
Untuk masalah ketenagakerjaan ini, Syamsul akan membicarakan dengan pihak terkait. Melihat data penyerapan tenaga kerja lokal seperti apa, barulah diambil kesimpulan.
“Saya harap masyarakat juga ikut terus aktif memberikan informasi kepada kami di DPRD. Karena DPRD adalah lembaga kontrol, bukan pengambil keputusan. Jadi, semua informasi yang kami dapat akan ditampung untuk kemudian dibicarakan bersama dan dicari solusi,” pungkasnya. (tim)