Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Tinggal Tanda Tangan Bupati,Beasiswa Berau Gemilang Akan Cair

TANJUNG REDEB – Program Beasiswa Berau Gemilang untuk pelajar SMA dan mahasiswa akan segera cair dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah (Setda) Berau, Sapri.

Dikatakannya, beasiswa ini merupakan program rutin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sejak beberapa tahun terakhir. Dengan tujuan membantu meringankan para pelajar dan mahasiswa yang tidak mampu. Serta mengapresiasi pelajar atau mahasiswa yang berprestasi.

“Saat ini kami sedang memproses SK (surat keputusan) pak bupati untuk para penerima beasiswa tahun ini. Setelah itu baru proses pencairan yang langsung ke rekening penerima,” katanya.

Ia menerangkan, pada tahun ini, Pemkab Berau telah menganggarkan sekitar Rp 4 miliar untuk program Beasiswa Berau Gemilang. Di mana anggaran tersebut sama dengan tahun sebelumnya.

Dari anggaran itu, pelajar SMA sederajat yang mendapatkan beasiswa akan menerima Rp 2 juta per tahun. Dengan kuota sekitar 700 pelajar.

“Sementara untuk mahasiswa kuotanya sekitar 1.000 orang. Dan mereka akan menerima beasiswa sebesar Rp 3 juta,” terangnya.

Meski begitu, kuota beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa pada tahun ini diterangkannya tidak terpenuhi secara maksimal. Dari 3.000 pendaftar mahasiswa, Sapri mengungkapkan hanya 800-an mahasiswa saja yang masuk kriteria.

Begitu juga dengan kuota pelajar, dari 700 kuota yang dibuka hanya sekitar 600 lebih pelajar yang masuk kriteria. “Kalau yang mahasiswa itu, kebanyakan mereka yang daftar semester 8 ke atas, dan itu sudah bukan kriteria penerima beasiswa,” ucapnya.

“Beda hal kalau mahasiswa tersebut merupakan kategori tidak mampu. Maka tetap kami akomodir atau tetap dapat beasiswa,”pungkasnya. (*)