Baca Terkini Lebih Mudah Menggunakan Aplikasi Berau Terkini.

Upaya Tingkatkan Sumber Ekonomi Warga,Berau Coal Gelar Pelatihan Pembuatan Amplang untuk UMKM di Gurimbang

Berauterkini.id — PT Berau Coal bersama dengan PKK Kampung Gurimbang melaksanakan Pelatihan Pembutan Amplang di Kampung Gurimbang, Kamis (25/2). Kegiatan ini sebagai salah satu upaya menggali potensi produk olahan unggul di kampung tersebut.

Ketua PKK Kampung Gurimbang, Ifah menyambut baik kegiatan yang terlaksana. Lantaran perempuan di Kampung Gurimbang dapat berdaya untuk peningkatan ekonomi minimal pada tingkat keluarga.

“Apalagi, mata pencaharian di kampung Gurimbang kebanyakan adalah nelayan dengan hasil yang melimpah. Baik untuk ikan, kerang, dan udang. Dengan diversifikasi pangan, masyarakat maupun anggota PKK bisa menjadi lebih kreatif lagi,” tuturnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kampung Gurimbang, Edy Gunawan, atas terobosan dan upaya peningkatan kreatifitas bagi UMKM kampung dampingan yang dilakukan oleh PT Berau Coal.

Berdasarkan pembinaan yang dilakukan oleh PT Berau Coal, ia berharap amplang bisa menjadi salah satu produk unggulan kampung. Begitu juga harapan agar produk ini bisa di pasarkan secara luas.

“Kami berterima kasih untuk kegiatan dalam peningkatan ekonomi dan sdm yang lebih baik,”

Pelatihan tersebut, juga mendapat perhatian Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, khususnya Bidang Industri yang membawahi industri kecil menengah.

Kepala Bidang Industri, Diskoperindag Berau, Endang Iriani menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PT Berau Coal dimana dukungan pelatihan dalam peningkatan ekonomi IKM sangat dibutuhkan di tengah pandemik COVID-19. Apalagi, kegiatan pelatihan menjadi implementasi dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014, tentang perindustrian. Terkait pelatihan, pemberian peralatan produksi, fasilitasi promosi baik di dalam maupun luar Berau.

Pelatihan amplang tersebut, juga menghadirkan instruktur pelatih yang telah direkomendasikan oleh pihaknya, sesuai dengan kegiatan yang dibawakan. Dalam pelatihan ini, Endang menyampaikan adanya harapan bagi masyarakat Kampung Gurimbang untuk memanfaatkan hasil perikanan yang melimpah.

Dalam kegiatan pelaksanaan pelatihan Endang mengharapkan olahan yang berbeda sebagai implementasi diversifikasi produk untuk peningkatan kreativitas dan olehan yang tidak monoton. Selanjutnya, pihaknya menyampaikan untuk difasilitasi dari Dinas Kesehatan untuk penerbitan sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).
“Agar hasil olahan bisa dipromosikan melalui minimarket hingga swalayan,” jelasnya kepada Disway Berau (26/2).

Pada kesempatan yang sama, Community Base Development Manager PT Berau Coal, Hikmawaty menyampaikan kegiatan pelatihan amplang telah diikuti dengan protokol kesehatan dengan cukup baik di tengah pandemik COVID-19. Kegiatan dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dan berada di ruang terbuka, serta tetap menjalankan protokol kesehatan sepanjang kegiatan terlaksana.

Kemudian dia menjelaskan tujuan terlaksananya kegiatan ini yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dan menyiapkan lapangan kerja.

Ide pelatihan amplang pun tercetus sebab pertimbangan potensi Kampung Gurimbang yang memiliki sumber daya perikanan yang melimpah. Kedepannya Hikmawaty pelatihan ini bisa bermanfaat dengan baik.

“Dengan keterbukaan UMKM maupun IRT, terbukalah peluang kerja selanjutnya. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat juga,” tuturnya.